Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai jenis jarum yang digunakan oleh seniman tattoo dalam mengerjakan tiny tattoo. Jarum merupakan alat penting bagi seniman tattoo sebab kualitas, jenis dan ukuran jarum mempengaruhi hasil akhir sebuah karya tattoo. Pemilihan jarum yang tepat dan dengan kualitas yang bagus memudahkan seniman tattoo karena dengan jarum yang baik memudahkan menembus lapisan atas kulit untuk mentransfer pigmen tinta ke dalam kulit. Dalam proses pengerjaan tiny tattoo ada 2 jenis jarum yang sering digunakan pada umumnya :

  1. Round Liner (RL)

Round liner merupakan jarum yang selalu digunakan oleh seniman tattoo untuk mengeksekusi garis/lining. Tidak hanya untuk membuat garis hitam yang tegas, jarum tipe ini biasanya juga digunakan seniman tattoo untuk memberikan efek highlight menggunakan tinta putih. Ciri-ciri dari jarum RL yakni memiliki ujung yang kuncup meruncing yang bertujuan memudahkan seniman tattoo dalam membuat garis yang presisi dan tegas.

Jarum tattoo round line RL GambarĀ  1 Jarum RL 7

  1. Magnum M1

Magnum M1 merupakan jarum untuk melakukan proses blocking, color packing, atau shading pada pembuatan tattoo. Kelebihan jarum ini adalah kemudahan dalam proses block karena ukuran jarum yang relative lebar dan rapat. Namun perlu dipahami bahwa pemakaian tipe jarum ini pada area kulit yang sama secara terus menerus mengakibatkan trauma kulit yang berlebihan seperti memar atau bahkan sobek sehingga seniman tattoo harus lebih berhati-hati saat menggunakan jarum ini untuk mengurangi resiko trauma kulit yang berlebihan kepada customer.

Jarum tattoo magnum (M1)GambarĀ  2 Jarum M1 11